Wednesday, October 20, 2010

paspor online : Where technology makes evrything sooo easy...


Halo halooo..Seneng deh saya hari ini, akhirnya bisa pegang little-green-book yang saya idam2kan dari dulu. tenang sodara2, ini bukan buku nikah kok, bukan juga buku utang..yep, finally i hold my own passport!!yippieeayee..udah dari dulu2 dipaksa2 bikin paspor sama ortu, tapinya saya males urus ini itu jadinya ke hold terus deh..Ngebayangin ribetnya antri, trus pungli lah, bayar calo mahal lah, itu semua yang bikin saya males bikin paspor sampe sekarang. tapi eh tapi, mama saya bilang kalo sekarang bikin paspor bisa lewat internet, which is pake e-paspor. wuaww, jadi penasaran pengen nyoba deh ah..Awalnya sempet skeptis krn mikirnya gag mungkin lah bisa, instansi gitu loohh. tapi beberapa temen saya udah pernah nyoba dan pada sakses smua, jadilah saya mencobanya. Jadi marilah saya berbagi cerita suka duka antara mengurus paspor online, manual, dan calo..

Nomer keramat..
  • daftar online dulu di www.imigrasi.go.id, isi biodata dkk, upload scan dokumen2 terkait (KK, Ijazah, KTP, Surat perusahaan, Akte kelahiran, surat nikah kalo ada), bentuknya grayscale and not longer than 300kb. Kalo mau upload JANGAN SEKALI2 di kantor! sumpah deh lemot trus plus gag ada jaminan sakses..abis upload2, jangan lupa ngeprint surat pra permohonan buat tanda bukti di imigrasi (pengalaman kemaren ada yang lupa gag ngeprint jadi gag diakuin di imigrasi).
  • Jangan lupa semua dokumen2 di fotokopi A4, trus dimasukkin di map kuning imigrasi, plus ngisi formulir lagi (bisa didapatkan di fotokopi koperasi imigrasi).
  • Abis itu silakan deh ke imigrasi yang anda tuju. Saya kemaren nyampe imigrasi jaksel (imigrasi paling laku se jakarta raya)jam stgah 8-an, langsung ambil nomer, dapet nomer 244..trus duduk manis nunggu sampe buka jam 8 (Fyi, ambil nomer cuma sampe jam 11). Jam 8 teng ada pembukaan dari petugas imigrasi (sumpah udah kaya pidato pake ngulang salam 3 kali, haha), trus dikasi tau semua langkah2nya, jadi don’t worry be happy bakalan dipandu dengan sangat baik sekali. Untuk online ada loket khususnya, kebeneran kemaren yang onlen pagi cuma 7 orang, jadilah kita ber 7 udah selesai urus berkas jam stengah 9 pagi trus nunggu jadwal foto plus wawancara jam setengah 11 pagi. Btw, kalo onlen jeda antara urus berkas dan foto itu 2 jam.
  • foto plus wawancara jam stengah 11 pagi, aku dapet giliran pas banget sebelum makan siang. jam 12 teng udah kelar. Abis itu pulang deh saya bobo ciang di rumah :)
  •  Hari selasa depannya saya balik ke Imigrasi, trus ambil paspor. Jam setengah 10 udah nyampe kantor, hihihi...

Sekarang beda antara paspor onlen, manual, calo :


1.       manual : prosesnya 7 hari kerja. hari 1 : ngumpulin berkas, hari ke 3/4 : bayar, foto, wawancara, hari ke 7 : ambil paspor. ini antrinya super lama dan harus rela pagi2 kalo mau cepet. FYI, nomer antrianku aja dipanggil jam 10an (padahal kalo pake onlen aku jam stengah 9 udah kelar urus berkas)


2.       Onlen : prosesnya 4 hari kerja. hari 1 : ngumpulin berkas, bayar, foto, wawancara (selesai dalam setengah hari). Hari ke 4 : ambil paspor. lebih cepet, bayar juga sama aja kaya manual.

3.       Calo : Bayarnya 2 kali lipat.
Jadi, kalo bisa dipermudah sama teknologi kenapa mesti susah2 hayoooo...

Liat tanggalnyaaa..
PS. Pas interview, saya dapet jatah sama Pak Hanaviah Zainudin. Orangnya asik gitu ngajakin ngobrol, mukanya mirip sama Pak gayus si anggota DPR. Eh, pas semua proses udah kelar, tiba2 dia pasang muka serius trus bilang gini ke saya "Nana, jangan sering2 maen ke luar. Sudah waktunya kamu cari pendamping'. Uahahahaha,,tampang saya tampang orang tukang maen ya pak? Terharu deh saya dengernya.. Dan saya baru sadar kalo tanggal saya bikin paspor itu pas tanggal ultahnya si 'unmean2be', jadinya tanggal lahir saya sama tanggal lahirnya dia kecetak bareng di paspor buat 5 tahun ke depan, hihihi..*getir dah getir*

No comments: