Monday, March 31, 2008

jangan pesimis karena itu mendahului nasib..

Awalnya aku gag suka baca buku laskar pelanginya andrea hirata, bukan knapa2 sih,,tapi krena gaya bahasanya yang sastra banged. Padaal aku gag terlalu seneng sama bahasa sastra, tlalu berlebihan, kebanyakan perumpamaan, apalagi sastra melayu..kalo kata uq sih, yang namanya sastra emang kaya gitu, bahkan bahasa yang biasa aja masih keliatan berlebihannya. Ya mo gimana lagi, selera kan beda2..tapi yang namana penasaran, akhirna dibetah2in deh baca, mumpung ada waktu senggang, pinjemlah saya laskar pelangi..

Ternyataa, terlepas dari gaya bahasa dan bbrapa bagian cerita yang too much, cerita tetralogi andrea hirata bener2 inspiratif banged!!bener2 bikin siapa pun yang baca buku ini jadi terinspirasi dan bikin semangat jadi bangkit lagi deh, dari baca satu buku skarang uda slese baca buku ke 3, tinggal nunggu buku ke 4 terbit deh..

Tetralogi ini sebenernya bercerita soal kehidupan si penulis itu sendiri, andrea hirata. Jadi semi autobiografi gitu deh,,dari dia kecil sampe besar. Cerita tentang usaha dan semangat anak daerah buat mewujudkan cita2na..ada crita cintanya, seneng, sedih, lucu,,dan hampir semua crita itu ngasih pelajaran hidup yang bener2 bharga buat pengembangan diri..

Pokoknya kalo baca tetralogi ini beneran bikin kita mikir, jadi gag asal abis baca buku trus lupa gitu aja, kaya komik. Ada banyak pelajaran yang bisa diambil, trutama soal kebijaksanaan hidup, semangat, cita2, sama berani untuk bermimpi. bikin aku bersyukur karena selama ini udah banyak dikasih fasilitas yang memudahkan aku buat sekolah dan mewujudkan mimpi, sekaligus malu krena slama ini terlalu sering ngeluhnya kalo lagi ada masalah. Malu krena udah terlalu ’manja’ sama kehidupan, gag bisa bayangin kalo aku hidup di daerah yang minim fasilitas, belum tentu aku punya semangat hidup yang segitu besar dan segitu kuatnya..

Dari sekian banyak cerita, ada satu cerita yang ngena banged di aku, waktu si ikal ngerasa gamang sama masa depannya nanti stelah lulus SMA. Dia bingung bakal jadi apa stelah lulus SMA, yang akhirnya bikin dia jadi males buat sekolah dan rangkingnya jadi turun. Trus waktu itu dia dikasi tau sama arai, ’jangan pesimis karena pesimis itu mendahului nasib’. Tsaaahh,,touche deh!!mirip sama last samurai, waktu katsumoto tanya ke algren, ’bisakah kita mengubah nasib?’ Trus algren jawab, ’berusahalah semampumu sampe kamu temukan jalan nasibmu sendiri’. Secara kita juga lagi kena sindrom lulus kuliah, ngerasa belum ada gunanya jadi orang, hahaha..bikin semangat hidup jadi tumbuh lagi buat mencari jalan hidup kita sendiri. Buku ini pas banged buat jadi motivator, inspiring book, terutama buat mereka2 yang belum menemukan makna hidupnya sebagai manusia.

Bermimpilah,,karena tuhan akan memeluk mimpi2 itu..


No comments: